Warga Indonesia Raih Golden Tweet Sejagad 2014

Posted by

Golden Tweet

Twitter kembali mengumumkan serba-serbi penggunaan Twitter sepanjang tahun 2014 dengan judul #YearOnTwitter. Di antara yang menjadi menarik adalah Golden Tweet atau cuitan yang paling banyak diretweet tahun ini. Penghargaan tertinggi tersebut diberikan pada selfie @TheEllenShow yang menampilkan sejumlah bintang Hollywood pada saat perhelatan Oscar bulan Maret lalu.

Pembawa acara terkenal asal negeri Paman Sam, Ellen DeGeneres, selfie bersama sekumpulan bintang film dunia, seperti Jennifer Lawrence, Jared Leto, Meryl Streep, Julia Roberts, Brad Pitt, Angelina Jolie pada acara Academy Awards, 2 Maret lalu. Bradley Cooper, tampak di barisan depan, yang memegang handphone untuk selfie kala itu. Ellen memasukkan foto itu dalam akun Twitternya dengan tulisan "Andai lengan Bradley lebih panjang. Ini adalah foto terbaik sepanjang masa." Foto ini pun menjadi foto yang paling banyak di-retweet tahun ini, sebanyak 3.368.015 kali.

Tidak kalah dengan Ellen, jumlah retweet kedua terbanyak sejagat justru jatuh ke sebuah cuitan dari akun Twitter milik orang Indonesia yang kemudian dinobatkan sebagai Golden Tweet untuk Indonesia tahun ini. Seorang konsultan politik di Indonesia, Denny Januar Ali dengan nama akun @DennyJA_WORLD dalam cuitannya Denny JA: Dengan RT ini, anda ikut memenangkan Jokowi-JK. Pilih pemimpin yang bisa dipercaya (Jokowi) dan pengalaman (JK) telah diretweet sebanyak 1.013.540 kali. Tweet tersebut ditulis Denny pada 4 Juni 2014 atau dalam suasana kampanye pemilihan presiden Indonesia.

"Golden Tweet dari Indonesia ini menunjukkan betapa berpengaruhnya rakyat Indonesia di Twitter dan seberapa populernya Twitter di Indonesia, terutama pada #PemiluTwitter (#TwitterElection) pertama di Indonesia. Lebih dari 95 juta tweet terkait pemilu yang disumbangkan ke percakapan nasional," kata Senior Account Executive Pulse Communications-Ogilvy Public Relations, Romano Bhaktinegara dalam rilis yang diterima Tempo, Jumat, 12 Desember 2014.

Menurut Romano, selama tahun 2014 masyarakat sosial media telah mengirimkan lebih dari 500 juta tweet per harinya. Masyarakat di Indonesia dan di berbagai belahan dunia, ujar Romano, bersama-sama berkomunikasi pada saat perayaan, aksi protes, momen berkabung dan suka cita. Jutaan pengguna Twitter berkontribusi pada momen tersebut dan berbagi percakapan yang membuat platform Twitter bersinar. Masing-masing diantaranya memberikan kontribusi spesial untuk Twitter dan juga Indonesia.





Sumber: Tempo


Blog, Updated at: 4:30 PM

0 comments:

Post a Comment